Beranda > kata mutiara > Menulis Karya Ilmiah

Menulis Karya Ilmiah

Karya ilmiah merupakan karya tulis dalam bidang tertentu yang bersifat
ilmiah. Karya ilmiah ditulis berdasarkan penelitian, pengamatan/observasi,
atau mengacu pada pustaka (buku-buku). Secara sederhana, karya ilmiah
dibagi menjadi tiga bagian dengan sistematika sebagai berikut.
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B.
Tujuan
BAB II ISI
Pembahasan Masalah/Hasil Penelitian
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
B.
Saran
DAFTAR PUSTAKA
(Sumber/referensi buku-buku yang digunakan)
Perhatikan contoh sederhana berikut ini!
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara. Setiap bangsa atau negara selalu
menyelenggarakan pendidikan demi cita-cita nasional bangsa yang
bersangkutan. Melalui proses pendidikan, suatu bangsa berusaha untuk
mencapai kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan, baik bidang
ekonomi, sosial, politik, ilmu pengetahuan, teknologi, maupun bidang-
bidang kehidupan budaya yang lain.
Dalam proses pendidikan di SMP, keberhasilan siswa diukur dengan
prestasi belajar siswa. Prestasi belajar didasarkan pada hasil yang
diperoleh dalam evaluasi belajar. Prestasi belajar memberikan informasi
tentang materi pelajaran pada siswa. Motivasi belajar dianggap memiliki
pengaruh penting dalam prestasi belajar siswa.
B. Tujuan
1.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa,
2.Mengetahui prestasi belajar untuk siswa, dan
3.Mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa.

Kelas IX C
No. Siswa
Nilai Motivasi
Nilai belajar
01
02
03
04
05
06
07
08
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
8
6
5
7
7
7
7
8
8
6
7
7
7
7
7
8
5
8
9
7
5
8
8
8
8
9
9
7
8
8
8
8
8
9
6
9
Keterangan.
Nilai motivasi:
5:kurang
6:cukup
7:baik
8-9 :baik sekali
10:
sempurna
Nilai belajar:
> 5 :kurang
6-7 :cukup baik
8-9 :baik sekali
10 :sempurna
Dari hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa siswa dengan
motivasi tinggi mendapat nilai yang lebih baik daripada siswa yang
bermotivasi rendah. Dari hasil penelitian tersebut, diperoleh hasil
sebagai berikut.
1.Siswa kelas IX SMP Kasih Ibu memiliki motivasi belajar yang tinggi.
2.Siswa kelas IX SMP Kasih Ibu memiliki prestasi belajar tinggi.
3.Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar adalah
hubungan positif.
BAB III PENUTUP
A.Simpulan
Siswa kelas IX SMP Kasih Ibu memiliki motivasi belajar yang tinggi.
B. Saran
Siswa hendaknya meningkatkan motivasi belajar agar prestasi
belajarnya juga meningkat

 

Kategori:kata mutiara
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: